Left Thinkers

Loading...

Minggu, 18 Juli 2010

Borobudur Dibangun oleh Nabi Sulaiman AS (Salomo,Solomon) ?

Waduh ,persoalan teori Atlantis di Indonesia aja belum usai aja udah ditambah perkara teori Borobudur buatan Nabi Sulaiman, teori ini sudah terbukti sangat rumit dan konkrit, dan berujung ke pembahasan agama. (wah makin sulit yah, tapi don left thinkers ngga terlalu mengerti tentang perbedaan agama namun tetap terjang segala halangan hehe) Nah mari kita telusuri mengapa ada seseorang yang membuat teori yang bersifat kontroversial ini.


Candi Borobodur Secara Umum




Sebelum mendalami teori yang baru itu, mari kita pahami apa informasi umum Candi yang kita bangga-banggakan ini:

Lokasi: Magelang, Jawa Tengah
Arsitek: Gunadharma
Kerajaan: Wangsa Syailendra
Selesai: 800 M
Agama: Buddha
Komponen Relief: . Karmawhibangga: Menceritakan Hukum Karma
. Lalitawistara: Riwayat sang Buddha (Siddharta Gautama)
. Jataka/Awadana: Kehidupan awal sang Buddha
. Gandawyuha: Cerita seseorang yang bernama Sudhana

Dapat saya simpulkan bahwa Candi Borobudur adalah Candi Buddha yang didirikan sekitar abad 7 Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.(http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Borobudur)


Meet The Theory Maker





(K.H. atau PhD pak? hehe)

Sang Pembuat teori ini bernama K.H. Fahmi Basya, dikenal sebagai Dosen Matematika Islam(dosen Matematika kok mendalami Sejarah?) di UIN Syarif Hidayatullah dan ia memimpin riset Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan untuk menelusuri teori yang maha rumit dan tak berkaitan ini.(Nih saya kenalin pak Kiyai ini, hasilnya bukan saya yang terkenal... namun eksis lah beliau hehe)

Tafsir Teori K.H. Fahmi Basya


Dalam teori ini Ia mengemukakan pernyataan diantaranya:(sumber seluruh isi artikel: http://catatan-gume.blogspot.com/2010/07/kh-fahmi-basya-teori-tentang-borobudur.html)

1. Candi Borobudur dibangun oleh Tentara Nabi Sulaiman/Salomo AS dengan kaum jin dan syaitan yang turun tangan membangun candi itu yang disebut ''Arsy Ratu Saba''.

2. Ratu Balqis/ Ratu Saba terkenal di masyarakat Jawa dan digambarkan di tengah-tengah pusat diantara patung-patung di candi itu, jadi Ia berpendapat patung Buddha yang terletak di pusat atas candi adalah Ratu Balqis

3.Bani Lukman (sepupu Bani Israel) adalah orang Jawa

4.Nabi Daud bermukjizat dapat melunakkan besi dan dikenal sebagai Raja Gunung, sedangkan Wangsa Syailendra apabila diartikan '' Gunung Raja Indra''

5.Negeri Ratu Saba terletak bukan di Yaman, tetapi di Pulau Jawa

6.Candi Borobudur dikatakan berbentuk Matahari, karena dulunya Ratu Saba menyembah Matahari.


The Answer

1. Sebenarnya bagan ini jawabnya simpel saja, mana bukti yang konkrit adanya tentara nabi Sulaiman telah mengunjungi pulau Jawa?, Nabi Sulaiman mengalami jangkauan terjauh pada perjalanan nya ke negeri selatan hanya sampai ke Ethiopia dan Yaman (orang Kristen mempecayainya di Ethiopia,bahkan orang Islam mempercayainya di Yaman,negeri seberangnya Ethiopia). Apakah ditemukan artefak-artefak seperti senjata yang bukan berasal dari Indonesia sebelum tahun SM, sepertinya belum ada tuh..





2.Hah?, apakah anda tidak menyadari itu adalah seorang laki-laki. coba lihat lebih jelas:




sudah jelas dilihat ini adalah laki-laki dengan rambut keriting sedang bersemedi khas agama Buddha/Hindu, yang paling terpenting adalah kita melihat badan nya, terlihat ia tidak memakai baju sehelai pun. Dan Ini mengindikasikan bahwa patung ini adalah laki-laki, bukan lah perempuan. Ia lah Siddharta Gautama, sang penemu Agama Hindu yang dapat Pencerahan dari sang dewa.


3.Tidak mungkin, Bani Lukman adalah sepupu dari Bani Israil, dan Bani Israil jelaslah keturunan nabi Ibrahim/Abraham dari Mesopotamia (Irak) di kota Babylonia. jadi mana mungkin apabila Bani Lukman sedarah dengan Bani Israil dari Mesopotamia berasal dari daerah lain? kan tidak masuk akal?adakah perdagangan bilateral antara bangsa Jawa dan Timur tengah pada tahun SM? fakta pun masih belum yakin bahwa Bani Lukman adalah orang Jawa.apabila iya mengapa orang Timur Tengah (Khususnya Palestina,Israel,Irak) tidak sama wajahnya dengan Orang Indonesia?






4.Lalu apa hubungan nya Syailendra dengan Nabi Daud?. Dalam fakta nabi Daud lahir tahun 1040 SM sedangkan Wangsa Syailendra muncul pada zaman Hindu-Buddha sewaktu sudah tahun Masehi, kan kita bisa rasakan jauhnya tahun antara Nabi Daud dan Wangsa Syailendra, apakah anda sadar? Wangsa Syailendra saja baru berdiri Nabi Daud sudah meninggal ribuan tahun yang lalu bahkan tidak ada bukti perdagangan Indonesia dengan Timur Tengah secara kompeten.






5. Pada nomor ini saya jawab dengan simpel dan mudah, Ratu Saba mempunyai kerajaan yang megah dan makmur, dan lihat apa yang terjadi di Indonesia pada tahun 1000an SM, ini baru zaman migrasi bangsa Deutro-Melayu dari Taiwan/China/Tonkin menuju Indonesia (khususnya pulau Jawa) hanya membawa perahu bercadik, hewan ternak, dan umbi-umbian. jadi patutkah kita percaya ada bangunan megah? saya rasa tidak..



6.Apakah anda yakin bahwa borobudur berbentuk matahari? tidak sama sekali!. Bahkan telah diteliti dan dipercaya orang Buddha bahwa menggambarkan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan untuk menjadi seorang Buddha , bagian kaki borobudur disebut Kamadhatu , yaitu dunia yang masih dikuasai oleh kama (nafsu rendah), Empat lantai diatasnya disebut Rupadhattu yang berarti bebas dari nafsu. Dan kelima dan ketujuh tidak berlantai, ini merupakan Arupadhattu, yang berarti tidak berupa dan berwujud dan mencapai ke Nirwana. ini contoh strukturnya (www.wikipedia.org/wiki/borobudur)






It Concludes..


Saya simpulkan bahwa teori ini sangatlah tidak benar, dan mengada-ngada, dan menafsirkan Al-qur'an seenaknya tanpa menganalisis lebih dalam, masih syukur-syukur orang Buddha di tanah air tidak marah dan tempramen karena diklaim tempat sucinya adalah temuan dari agama lain, coba anda bayangkan sebaliknya apabila Orang Buddha mengklaim tempat suci orang Islam menjadi tempat suci mereka sendiri, pastinya kita sangat marah dan meneriakkan protes besar-besaran dan memusuhi mereka (sebenarnya agama Islam mengajarkan kedamaian kok, orang nya aja yang gak beres), jadi buat para penganut agama Islam belajarlah kesabaran dan pengontrolan diri, kan malu kita orang beragama tapi tidak berkelakuan seperti orang yang tidak beragama?siapa yang malu?semuanya lah! TRIMS FOR THIS PAGE! (Vito Left Thinkers)

141 komentar:

  1. pertamax dapet bonus jam Rolex nih,..hehehe..

    Saya suka ulasannya dan Agree with u bro, Oh ya ada koreksi dikit nih..Zaman Hindu-Buddha itu jauh sebelum Masehi

    "Buddhisme diperkenalkan ke Sri Lanka selama pemerintahan Raja Devanam Piya Tissa (307-266 SM). Dia adalah cucu Raja Pandukabhaya (437-366 SM), pendiri Pra-Buddha dari Anuradhapura, ibukota Lanka, yang berlangsung selama 1500 tahun sampai pertengahan abad ke-9 Masehi."

    http://tinyurl.com/23tu6yb

    Didalam tulisan itu ada sumber kutipan diatas.

    Bravo Left Thinkers!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh di mall2 banyak patung kepala botak sambil duduk...bahkan lebih keren gaya modern...ada yang pake jeans merk terkenal.

      Hapus
  2. dibahas habis-habisan disini gan
    http://kask.us/4498073

    BalasHapus
  3. @kraken: oh iya saya ada ralat..maksud saya zaman Hindu-Buddha di Indonesia..kan baru ada abad kedua Masehi hehehe..

    @wisdomgod: oke agan liat deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama Islam ada di dunia semenjak Nabi Adam AS diturunkan ke bumi. Nabi Sulaiman Nabi yang ke... dalam sejarah Al-qur'an. Di akhiri dengan Nabi Muahammad SAW.

      Hapus
  4. mungkin ada pembahasan yg keliru dari anda, di blog kyai tsb ditulis gini

    Sejatinya PRINCE OF SABA atau "RATU BALQIS" adalah "RATU BOKO" yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa, sementara patung-patung di Candi Borobudur yang selama ini dikenal sebagai patung Budha, sejatinya adalah patung model bidadara dalam sorga yang menjadikan Nabi Sulaiman sebagai model dan berambut keriting. Hasil riset tersebut juga menyimpulkan bahwa "SUKU JAWA" disebut juga sebagai "BANI LUKMAN" karena menurut karakternya suku tersebut sesuai dengan ajaran-ajaran LUKMANUL HAKIM sebagaimana tertera dalam Alqur'an.

    berarti yg digambarkan sebagai patung budha tsb bukanlah ratu balqis tetapi adl Sulaiman itu sendiri.

    saya juga kurang setuju teori borobudur dibangun oleh sulaiman as. tapi tidak menutup kemungkinan hal itu benar kan, seperti ide atlantis di indonesia, masih ada kemungkinan lanjutannya. saya percaya kalo orang sekelas dosen UIN Syarif Hidayatullah ga akan main2 dengan teori abal2 macam ini, pasti dia sudah berpikir masak2. tinggal dia bisa ga membuktikan teori2nya. kita tunggu aja update di blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan anda,,tolong penulis blog jangan asal menyalahkan,,, perhatikan dengan jelas teorinya dan alasannya baru situ komen..ok???

      Hapus
    2. sok tahu banget sich loe...
      jdi klu gtu Agama Islam dlu ea yg lhir dripda Kristen?
      jdi klu dosen UIN Sarif hidayatullah tuh makan tai,
      kau mau juga makan tai?
      sdar bung! mna da Manusia yg bisa mngalahkan kepintaran Tuhan.
      jdi yg patut dpercaya tuh adlh kbenaran dari Tuhan.
      bkan kbhongan dari manusia.
      Biarlh Agama lain tuh mnjlankan ibdhnya masing2 kpda Tuhan Sang pencipta.
      aq heran dg Islam diindonesia ni ska skali mghancurkan toleransi beragama.
      jgn lh kalian sendiri yg mnganggap agama kalian yg benar!
      yg mnanggap Agama sseorg tuh yg bnar dalh org yg beragama lain!
      sama sperti pda diri qta sndiri, yg mngaanggap qta sdah sempurna tuh kan bkan qta.
      tp org lain bkan?
      jdi klu kamu yg beranggapan bhwa agama kamu tuh yg bnar daripda agama yg lainnya adlh salah besar.
      tdak kmu sdari kamu tuh Bodoh,iri,n sombong...
      kan kmu sendiri thu bhwa ketiga hal trsebut adlh sifat Iblis n mrupkan kunci utk masuk ke Neraka.
      tpi bkan dlam arti Agama islam yg salh? tpi org FANATIK lah yg salah mnjlankannya? yg mnyebabkan agama tu salah n dibenci olh Agama-agama yg lainnya.
      maaf jka awlnya saya brkata kasar kpda kamu?
      terima kasih

      Hapus
    3. MENYIMAK
      diskusi dengan emosi gak akan pernah tercapai terurainya perbedaan yang mungkin bisa teratasi.

      gunakan hati yang saling menyayangi
      agar hidup lebih berarti

      Hapus
    4. wakakak....wikikik......kocak nih orang....islam itu artinya selamat...maksudnya untuk meluruskan kembali ajaran2 Allah yang sdh dikotori tangan manusia...intinya adalah:
      1 Katakan Tuhan Itu Satu
      2. Dialah tempat semua mahluk bergantung
      3. Dia tidak beranak dan juga diperanakan
      (cowok nggak cewek jg nggak, kalo tuhan pny anak bisa2 manusia diuwek2 sama anaknya tiap hari, kalo beristri juga bahaya kurang jatah bulanan bisa2 bumi dipake batu untuk lempar suaminya)
      4. Tdk satupun yang dapat menandinginya..
      (tunggu aja waktunya akan tiba)

      Hapus
    5. Al'Quran itu sumber ilmu pengetahuan dan petunjuk bagi semua manusia (yang BERAKAL untuk BERFIKIR) menuju kebenaran, sehingga memang harus dipelajari dan diamalkan isinya. Islam itu agama yang dirahmati Allah SWT sampai dengan akhir zaman. Boleh saja meneliti sesuatu berdasarkan Al'Quran (Al'Quran sumber ilmu pengetahuan). Benar atau salah dapat dibuktikan melalui penelitian lanjutan. Peneliti dari agama apapun patut dihargai, hasilnya dapat kita jadikan bahan perbandingan dan penelitian lanjutan.Tidak mungkin itu menurut kita, jauh itu menurut kita. ALLAH SWT MAHA SEGALANYA, jika dia berkehendak semua pasti terjadi. Memindahkan sesuatu dari jarak yang jauh itu GAMPANG BAGINYA dan Nabi Sulaiman TIDAK PERLU DIBANTU SYAITAN MEMBANGUN CANDI BOROBUDUR. Jika dibantu Jin Islam yang TUHANNYA ALLAH SWT DAN NABINYA MUHAMMAD SAW saya percaya.

      Hapus
  5. http://kask.us/4498073
    masalahnya udah dibantai disitu...hehehe

    BalasHapus
  6. boleh saya luruskan sedikit? Siddharta Gautama bukan penemu agama Hindu, tapi beliau adalah penemu ajaran Buddha..

    BalasHapus
  7. @anonim:oh iya salah nulis maklum saya nulis buru2 dan juga abis saya suka kebalik-balik nih gara-gara ada istilah ''hindu-buddha'' hehe

    BalasHapus
  8. Fahmi Basye adalah seorang yang kehilangan identitas nasionalisme bangsanya, mungkin fahmi basye adalah arab pesek atau mungkin arab cebol. pemikiran fahmi basye adalah bentuk prahara budaya dan kebudayaan bangsa ini. Bahwa fahmi Basye ingin mengelupas kebudayaan bangsa indonesia/nusantara sangat nampak dalam pemahaman hipotesanya. pemikiran tersebut telah menjadi Program/gerakan Indigenius Culture pemusnahan kebudayaan Nusantara oleh faham sektarianisme bangsa arab Khawarit(Wahabiyah) yang cenderung mensuperiorkan sistem kebudayaan spirit religi bangsa arab pada masa lalu dan masa kini yang telah meng hegomoni dunia. seakan-akan bangsa nusantara bukan masyarakat yang berkebudayaan dan beradab padahal fakta riil ajaran-ajaran Ibrani al Hanif banyak yang penuh kekurangan dan alogika.
    5 Hal persepsi kolonialisme budaya dan kebudayaan oleh anggota masyarakat seperti fahmi
    1. bangsa ini punya peradaban berupa candi2 tetapi kebijakan pemerintah tidak ada satupun yang menyentuh untuk minimal merawat/melestarikan berupa perlindungan.
    2. kita memiliki banyak situs tentang kearifan lokal kebudayaan banyak yang dihancurkan bahkan diperdagangkan oleh manusia2 serakah.
    3. kita punya bahasa daerah dengan berbagai macam warna kebhinekaannya, tetapi malah dihancurkan dan tidak dipakai lagi sebagai kekuatan transkomunikasi dalam kehidupan bermasyarakat shg ibu bahas indonesia mengalami kematian ibarat beruk dirimba disusukan anak sendiri di telantarkan.
    4. kita punya lontar2 agung sbg karya sastra pitutur2 budi pekerti luhur tidak pernah dipelajari.
    5. kita memiliki aksara tetapi lebih bangga memakai aksara bangsa lain bahkan tiap tahun ada hari aksara tetapi yang kita peringati aksara bangsa tamu.
    fahmi basye sebenarnya adalah orang yang masuk dalam lorong ketersesatan sejarah dan kebudayaan sehingga kehilangan identitasnya sebagai bagian dari bangsanya sendiri. fahmi basye apakah masih bagian anak bangsa yang memahami kebudayaannya?
    marilah kita sebagai anak bangsa nusantara bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan tidak menjadi tamu di negerinya sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. The Chosen..and Left Thinker., you punya ilmu pendekatan dari segi apa??? loe kalo mau bantah ya dari segi science dan purbakala donk, dan sejarah kontenporer yg berkembang....jangan pendaptan segi pandang loe pake budaya yang agak berbau hawa nafsu gitoo.dan macam sejarah yg loe baca dari SD sampe SMP getooo...aj...(sejarah plintiran)... belajar dan lengkapi referensi dikau dengan studi kepurbakalaan, sciece, al quran, kitab loe punya jika loe selain islam, dan buku2 lainnya....kalo sekerdar menjudge seperti itu mah loe ga pantes komen karena loe awam..ya kalo loe sebagai orang awam ya sebaiknya loe belajar dulu sono gih....biar minimal berpendidikan setidaknya sama dengan P Fahmi B.....but I pray fou your so you and us get enlighten

      Hapus
    2. The chosen kelihatan loe nggak nggak paham budaya Jawa, tesis bung Fahmi ini (kalo bener) justru akan menunjukan bahwa pernah lahir peradaban yg sangat tinggi di tanah yg sakarang kita diami ini jawa dan Tanah Nusantara. Dan karena itu bersemai sampai ke barat yg kita kenal sekarang sebagai pusat peradaban tertua. Kalo tesis ini mengandung kebenaran maka ini salah satu bukti kuat bahwa peradaban kita jauh lebih tua bahkan dari peradaban yunani sekalipun. Pengetahuan penulis juga sangat terbatas, anda mungkin heran kalo gua bilang bahwa agama Bhuda sejatinya adalah agama monoteis beda dengan hindu yg kita kenal sekarang ini.

      Hapus
    3. seharusnya dibaca benar-benar penemuan bapak fahmi ini... 35 tahun meneliti... lo kapan telitinya???

      Hapus
    4. pak fahmi basya itu kan lagi ijtihad yah? mencoba menguak kebenaran yang mungkin disembunyikan atau memang masih tersembunyi gitu, kalo ijtihadnya benar ya InsyaAllah dapat 2 pahala yaitu pahala dari usahanya itu dan pahala kebenarannya itu, tapi kalo salah ya tidak berdosa wong niatnya baik (untuk mencari kebenaran alias belajar, sebagaimana nabi Ibrahim). jadi kalau setuju ya semoga semakin bertambah kaimanan kita kepada Allah Subhanahu wata'ala, kalau tidak setuju ya sebaiknya tidak usahlah mendebat seperti itu kalau argumen yang digunakan untuk mendebat juga masil mentah, dangkal dan juga tanpa dasar, wa Allahua'lam ya, gitu aja kog repot.... :)

      Hapus
    5. Agama hanyalah pembda umat manusia, agama di ciptkan oleh mnusia itu sndri, yang ditunggangi kpntngan !!!!! Sbnrny smua umat mnusia di ciptkn oleh tuhan yang sama,,,,

      Hapus
    6. saya situju,mungkin pak fahmi hanya ingin menguak sejarah yg kita sendiri gak tau,dr pada kita repot2 debat n ujungny saling menghujat mending kita tngg aj klanjutanya,ok!

      Hapus
  9. di kaskus ganti trit, jadi kesini
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5084288

    dan makin terungkap teorinya hoax hoax hoax, keliatan ngawurnya

    BalasHapus
  10. Menurut saya, ada kemungkinan juga pencetus teori memberikan teori abal2. anda pernah tahu kasus profesor salah satu univ terbaik di indo yg ternyata disertasi s3na plagiat. jadi mungkin saja org tersebut berspekulasi yang mengada ada. setahu saya islam baru masuk di indonesia jauh setelah borobudur berdiri. jadi sangat kecil kemungkinanna ini peninggalan islam. mari kita lihat atau merujuk artefak islam di negeri ibunya, di arab. tidak ada artefak yang berbentuk punden berundag, tidak ada artefak yg berbentuk budha sidartha gautama. selanjutnya apabila ini memang merupaka peninggalan islam, tidak kah ini termasuk musrik (bertentangan dengan ajaran islam sendiri) karena ini bukan masjid toh. dan banyak arca disini. kan beda sama ajaran islam yg tidak menyebah arca. klo hindu-budha kan memang Tuhan di sembah dalam bentuk arca. jadi kok bisa ya sudah peneliti ngomongna ngarul ngidul. saya prihatin sama orang pinter di indonesia, kepintarannya bukan untuk mencerdaskan bangsa, tetapi menyesatkan bangsa hadehhhh (T_T)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nabi sulaiman hidup kan jauh sblm ada islam bukannya??..........

      Hapus
    2. Coba cari mas Dimas, apa itu Islam ? ... Islam itu agama keselamatan, yang termasuk Islam itu semua agama samawi, termasuk taurat, zabur, injil , Al Quran.. sebelum yg lain pada di rubah... jadi semua penganut itu di sebut Islam mas.. itu dulu.. bukan jaman sekarang, sudah ga asli tuh mass

      Hapus
    3. dan yang saya ketahui ( ada didalam Al Qur'an ) semua kitab2 itu hanya berlaku pada masanya saja ( sampai ada nabi berikutnya yang membawa kitab, istilahnya kitab yang terdahulu di update dengan kitab berikutnya yang dibawa oleh nabi/Rosul ). Dan kitab Al Qur'an adalah terlengkap dari kitab2 pendahulunya dan berlaku sampai akhir zaman yang dibawa oleh Nabi Muhammad S.A.W ( karena beliau adalah nabi yang terakhir )

      Hapus
    4. Anda jgn salah mengartikan islam nya Nabi Muhammad SAW dgn nabi2 sblmnya termasuk nabi Sulaiman a.s.Semua agama Alloh sama yaitu menyembah Alloh tp caranya beda.Mohon d pahami dulu sblm komen ya..hehe

      Hapus
    5. @N.Chin apakah anda lupa Nabi Adam saja ketika hendak menikahi Hawa yang pada saat itu menggunakan mahar berupa sholawat nabi seperti sekarang ini sebanyak 10 kali atas perintah Allah itu sendiri. seharusnya Anda tahu pasti, apa yang Nabi Adam ajarkan yaitu, Islam. diajarkan kepada siapa? kepada kedua anaknya dan seterusnya. kalau perbedaan ibadahnya berbeda mungkin saja itu berkat hasutan iblis. ingat nggak iblis pernah memohon kepada Allah ketika hendak diusir dari surga supaya di perbolehkan menggoda adam dan keturunannya menjadi sesat sehingga iblis mempunyai teman di neraka dri golongan manusia dan dia juga memohon agar umurnya di perpanjang sampai hari kiamat.
      Terus adanya kitab sebagai petunjuk, kitab yang sekarang yaitu Al-Quran kenapa? Karena Al-Quran sendiri sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya seperti kitab Zabur, Taurat, dan Injil.
      Sebenarnya agama itu satu, mulai dari dulu hingga sekarang. karena hasutan iblis makanya ada yang namanya perbedaanya agama, aturan, petunjuk yang berbeda-beda.
      sisa kita aja yang harus berhati-hati bisa saja tanpa kita sadari kita telah terbawa kedalam kesesatan didalam jalan yang kita anggap benar.

      Hapus
  11. pad nggak tahu aja sok pada pinter emang dah pernah neliti sendiri itu candi jaman hindu buda dari buku apa karangan siapa apa iya hindu buda itu pernah ada di indonesia...ga percaya...coba baca buku arkeolog pertama orang indonesia yg membahas borobudur....hindu indonesia ga sama sama hindu aslinya yang di india lantas mana yang asli kalo cuma katanya ga perlu koment cuk....sy mungkin bukan penggemar pak fahmi tapi bahasa yg koment kayaknya pada ga tahu agamanya masing2 kacian....

    BalasHapus
  12. diskusi hoaxxxxx cuuuk.....

    BalasHapus
  13. @anonim diatas: kalo ga suka ga usah dateng ke blog gua..cuuuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gk suka dikomentari gk usah buat blog segala macam cuk

      Hapus
  14. Penjelasan yang enak dan masuk akal, betul, betul, betul, kita harus bisa toleransi antar umat beragama, jadi jangan seenak udelnya sendiri mengkalim seuatu itu, apa lagi ini menyakut agama yang rawan sekali konnfili, jadi harus dipikir baik buruknya, yang penting sekarang ini bagaimana memberdayakan umat supaya bisa pinter dan berpikiran jernis menatap kedepan dengan lebih dewasa dan berakhlak. Amin...

    BalasHapus
  15. @anonim dibawah: betul sekali..

    @anonim diatas: bukan nya anda yang sok tahu tanpa menampilkan bukti-buktinya?.. lagian udah jelas tuh bahwa borobudur milik orang buddha..ngapain elo akuin itu milik orang islam?..SARA nyet!..apa gak marah orang buddha tempat suci nya diakuin agama islam..coba deh kalo misalkan mekkah diakuin ama agama buddha..pasti lo ngamuk2..ga usah bawa2 nama islam deh..secara anda juga menurunkan reputasi agama islam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok tahu asal njeplak aja bangga sok mengenali kalo itu candi buddha sok tahu tentang Islam pula, bicara loe nggak terarah bro

      Hapus
    2. KATAKAN YANG BENAR ITU BENAR, YANG SALAH ITU SALAH. SAYA TETAP YAKIN DAN MENDUKUNG K.H FAHMI. TOH JIKA TERBUKTI YANG PUNYA BLOG INI HANYA BISA BILANG WAOO SAJA.. TUH UDAH DIKETEMUKAN PIRAMIDA DIGUNUNG PADANG. BERKAITAN TIDAK DENGAN TEORI DARI BUKU2 YANG KAMU BACA? KAN TRADISI PIRAMIDA HANYA ADA DIMESIR "KATANYA" INI YANG DIKETEMUKAN DICIANJUR JAUH LEBIH BESAR DAN LEBIH TUA DARIPADA PIRAMIDA MESIR"

      I LOVE INDONESIA DENGAN SEGALA YANG DIMILIKINYA..

      Hapus
  16. Al Quran menyatakan salah satu kelebihan nabi Sulaiman ialah menguasai angin. Belaiu mampu membuat perjalan sepagi sejauh sebulan perjalanan dan sepetang sejauh sebulan perjalanan. Dptkah jwpn siapakah Buddha yg sebenarnya. http://mahadaya-asalama.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan salah satu kebiasaan orang2 kita jaman dulu selalu menyebut nama tempat ( yang belum ada namanya ) dari kejadian yang luar biasa / istimewa / nama seseorang yang terpandang / penemu tempat tsb, seperti juga teori2 rumus dari orang2 luar negeri ( seperti Newton - penemu hukum newton dll ) kalau didalam negeri ( Temanggung - kaTumenggungan, Surabaya - Sura Buaya/ Boyo ), nah mungkingkinkah nama2 Sleman. Salaman, Solomon Wall, Wonosobo - Wanasaba, ada hubungannya dengan Sulaiman ( mungkin pernah mampir / tinggal disini ? ), kemungkinan itu juga ada :)

      Hapus
  17. uda jelas itu milik aganma buddha

    BalasHapus
  18. bikin blog untuk apa sih? sepanjang isi blog malah admin nantang2 orang. anda tidak tahan kritik ya?
    berarti bikin blog cuma buat dapet puji2an aja. heeeeh... bloger2 jaman sekarang. sama kayak infotaimen.
    Anonim bersangkutan juga kurang tidak sopan!

    BalasHapus
  19. Seandainya ini benar, timbul pertanyaan:
    Emangnya sulaiman dulu nyembah budha ya? kalo ndak, ngapain sulaiman cape2 buat ya? ooooh, mungkin sebagai cindera mata buat umat budha kali ya wkkkkkkkk..... meureuuunnn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan pengetahuan awam loe itu loe merasa bener, menyedihkan!

      Hapus
  20. Itu yang buat cerita ini dosen apa doser?

    BalasHapus
  21. kata gw mah itu kiyai nganggur,....kurang kali solat 5 waktunya...harusnya dia solatnga 12 waktu biar gk sempet iseng...... tapi mendinglah dr pada isengnya porno.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok tahu asal njeplak mikir aja masih pake dengkul aja koment, malu2in

      Hapus
    2. @Winsainsa Anda ini IDIOT yah...? jika Anda punya teori maka keluarkanlah.
      Jangan hanya memberikan efek negatif saja,
      Anda hanya bisa berkomentar yang tidak berguna.
      Lebih baik mengeluarkan komentar yang berdampak positif.
      Apa saya rasa Anda sendiri berfikir melalui dengkul bukannya otak seperti manusia normal yah?

      Hapus
  22. penelitian koplahk....tpi msh mnding dri pda kagk ad kejaan tu kiayi..wkwkwkw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. loe yang koplak ngentooot

      Hapus
  23. OK KALO GITU. Q MAU KOMENTAR....
    Sebelum mengklaim ato menilai bahwa teori yang dikemukakan oleh KH. Fahmi Basya salah, coba anda baca dulu karya2 nya yang realistis dan tidak mengada-ada. Saya setuju dengan teori beliau....
    Bangsa manusia berasal dari satu pasang (adam-hawa) dan setiap keyakinan berasal dari sebuah kebenaran yang sama, yaitu mengarah pada tauhid (pencarin nilai-nilai ketuhanan).
    Nabi Sulaiman diberi mukjizat oleh Allah untuk bisa berkomunikasi dengan semua makhluk-Nya, bisa berjalan diatas angin dan bukanlah hal yang mustahil bagi Allah untuk hal tersebut.
    Dalam Kajiannya dalam Flying Book (FB)"lupa lagi edisi berapa", diterangka bahwa Istana Ratu Bilqis tersebut dipindahkan oleh Nabi Sulaeman ke Indonesia, karena struktur Borobudur (setelah dikur) sama dengan bekas istana Ratu Bilqis yang ada di Palestina. ada 1 bukti menarik, di Jawa tengah ada sebuah daerah bekas hutannya Ratu Bilqis/Saba, yaitu daerah "Wonosobo". Coba Kaji dong secara lugawi, Wono = Hutan, Sobo = Saba, jadi Wonosobo adalah hutannya ratu saba. Jelas khan, mana mungkin ada seseorang dengan iseng memberi nama suatu daerah kalau memang tidak ada asal-usulnya, TUL Gak.......jangan dulu menilai salam pada KH. Fahmi Baysa karena mungkin aja pernyataan atas kajian beliau terhadap candi boro budur itu adalah benar. MASA PROFESOR ISENG....GAK MUNGKIN DONK....

    BalasHapus
    Balasan
    1. SANGAT-SANGAT SETUJU. YANG PUNYA BLOG INI YANG BODOH. MENTANG-MENTANG TEORI YANG BIKIN ORANG BARAT TERUS PERCAYA GITU? MEYEDIHKAN. KAPAN BISA MAJU KALAU TIDAK RESET. BODOH BODOH BODOH

      Hapus
  24. Wono sobo itu artinya hutan yang telah dijelajahi/dijamah

    Dari wiki:
    Sekitar awal abad ke-XVIII, tersebutlah tiga orang pengelana yang masing-masing bernama Kyai Kolodete, Kyai Karim dan Kyai Walik, mulai merintis suatu pemukiman di daerah Wonosobo, Kyai Kolodete berada di Dataran Tinggi Dieng, Kyai Karim berada di daerah Kalibeber clan Kyai Walik berada di sekitar Kota Wonosobo sekarang ini.

    Sejak saat itu daerah ini mulai berkembang dan ketiga tokoh tersebut dianggap sebagai cikal bakal dari masyarakat Wonosobo yang dikenal sekarang. Dikemudian hari dikenal pula beberapa tokoh penguasa Daerah Wonosobo seperti Tumenggung Kartowaseso sebagai penguasa Daerah Wonosobo yang pusat kekuasaannya di Selomanik, dikenal pula tokoh bernama Tumenggung Wiroduto sebagai Penguasa Wonosobo dengan pusat kekuasaannya di Kalilusi Pecekelan (Sapuran), yang selanjutnya dipindahkan ke Ledok atau Plobangan. Ki Songowedono Cucu dari Kyai Karim dikenal pula sebagai salah satu penguasa di Wonosobo karena mendapat hadiah satu tempat di Selomerto dari Kraton Mataram, kemudian berganti nama menjadi Tumenggung Jogonegoro.

    sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Wonosobo

    Lebih jelas baca di sini:
    http://www.kaskus.us/showpost.php?p=234234735

    hahahahahahahaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. WIKI ITU BELUM 1OO% BETUL. YANG 100% BETUL ADALAH KITAB-KITAB ALLAH SWT..

      Hapus
  25. hati hati PKI mulai keluar kembali, waspada terhadap provokator2 yang ingin menghancurkan pancasila

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha pancasila ? masih aja dipake

      Hapus
  26. ini sama saja orang indonesia ga tau sejarah bangsa sendiri.,
    buka buku lagi,,
    kaji lagi.,
    teliti lagi.,
    pahami lagi.,
    baru ngomong.,
    talk less do more

    BalasHapus
  27. wkwkwkwkwkwk..
    berjalan diatas angin??
    dasar agama dongeng!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama dongeng...???
      Yesus bisa ngebangkitin org mati, Yesus anak Tuhan, Dewa2 umat Hindu-Budha semua itu dongeng...??
      Loe pzt penyembah berhala y...???
      Hahahaha

      Hapus
    2. orang yg ga beriman ya begitu mass, semua bagi dia harus pake logika... jelasin dah coba tentang jin.. semua itu hal yg gaib.. pake dah tuh logika, heeee

      Hapus
    3. dasar orang ga ngerti perih bahasa...
      1. tau ga tong kosong berbunyi nyaring? artinya gede omong lho..
      2. maksud berjalan diatas angin tuh.......kita aja bisa berjalan diatas angin.....itu istilah kalo manusia sekarang naik pesawat..
      3. ada lagi berjalan secepat angin...maksudnya kebut2an pake motor...
      4... duduk diatas angin...artinya kentut lo bau....gembel bahasa indonesia ga becus..balik aja ke moyang lo dolo...

      Hapus
  28. http://www.facebook.com/pages/NOISME-INDIE-BAND-INDONESIA/128588070522947?sk=app_2405167945

    salam kenal dari saya (soegali djaman)
    salah dan benar itu tergantung dari agama yang kita yakini masing-masing...

    dan mengenai sejarah Candi BOROBUDUR, kita adalah manusia yang hidup pada masa ini, masa terkini. Pada masa Hindu atau Budha sudah berlalu ribuan tahun yang lalu, begitu juga dengan masa Nabi Sulaiman. Waktu telah sedikit banyak mengakibatkan perubahan, pergantian era, pergantian kekuasaan, datang dan pergi pun sudah terjadi di tanah jawa ini. Hal itu telah terjadi dan benar-benar telah terjadi, pergantian kekuasaan pada masa-masa sebelum kita lahir telah menyebabkan pergeseran dan bahkan perubahan budaya/peradaban. Borobudur bisa saja adalah peninggalan Nabi Sulaiman, dan seiring waktu ratusan hingga ribuan tahun, saat pergantian kekuasaan Borobudur telah mengalami gubahan/perubahan walaupun tidak seluruhnya, sesuai siapa yang berkuasa (misalnya kebetulan raja yang beragama Budha)maka itulah hak dari kekuasaannya.

    Atau jika memang Borobudur yang membangun adalah peradaban Agama Budha seutuhnya, maka sama halnya dengan kodrat asali manusia sebagai makhluk yang berpikir.

    Pertanyaannya adalah:
    Mengapa pada masa Islam berkuasa di tanah Jawa tidak menjadikan Borobudur sebagai simbol dari Islam (Muhammad), karena memang Islam pada masa Nabi Sulaiman tidak seutuh Islam pada masa Nabi Muhammad SAW. Hanya saja semua Nabi di dalam Agama Islam menyampaikan ajaran tentang TAUHID (bahwa ALLAH itu tunggal/Esa/Hanya satu). Kemudian saat Islam (Muhammad) masuk ke tanah jawa para pelakunya adalah orang-orang biasa yang tidak memiliki kekuasaan utuh di negri ini, melalui satu-demi satu/orang per-orang. Dan ketika sudah Mayoritas pun Islam sudah memiliki Budaya Muhammad (Arab) untuk tempat beribadah-yaitu Mesjid yang kita kenal sekarang. Islam tidak akan merampas hak agama lain, bahkan Islam berani menjamin untuk agama-agama lain dengan perdamaian dan kedamaian. Lagipula Di dalam kitab agama Islam (Al-Qur`an) dinyatakan dengan tegas tentang "agamaku adalah agamaku, agamamu adalah agamamu-tuhanku adalah tuhanku, tuhanmu adalah tuhanmu".

    Mengenai teori yang di kemukakan oleh "Fahmi" tentu saja masih belum apa-apa, masih terkesan kosong dan mengada-ada karena manusia jaman sekarang butuh bukti yang utuh, seutuh-utuhnnya. Sementara bukti yang telah beliau paparkan masih berupa ASUMSI-ASUMSI RISET belaka.

    SOLUSI dari saya selaku MUSISI adalah:
    jika AKU butuh tahu tentang "kebenaran pengetahuan" maka akulah yang akan melakukan penelitian/riset.

    tapi AKU tidak memiliki ILMU-nya ^_^
    semoga bermanfaat,Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya tunggu saja hasilnya...kalau loe nggak punya ilmunya. prof fahmi kan punya ilmunya biarkan dia menelaahnya.. jangan buat spekulasi yang salah... kebenaran itu akan terbukti...ya semua agama dijamin oleh islam... namun tidak ada salahnya mengkaji sebuah artefak jaman kuno... dlam buku raffles (hindia belanda) dijelaskan bukan bahwa pembangunan borobudur beum jelas jamannya dan siapa yang membangun. makanya di teliti lah oleh prof Fahmi. kan it ok aja...saya ras tidak ada hubungan dengan sara...(terlalu berlebihan

      Hapus
    2. setuju untuk anonim, mari kita tunggu kajian2 berikutnya dan mari kita lebih dekat dengan AlQur'an

      Hapus
  29. tapi kita akui org indonesia pinter berteori, tapi males cari bukti2nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak Fahmi udah bro.. lah ente ?

      Hapus
  30. Agama didunia Sejak Nabi Adam Adalah Islam, Manusia yang menjadikannya bermacam-macam Agama sesuai dengan kebudayaanya,kalau ditelusuri asal mula manusia dari Nabi Adam & Siti Hawa, bisa saja Borobudur & Prambanan Peninggalan Nabi Sualiman,kalau kita mau menelusuri sejarah jangan terpaku pada Ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Masuk Jawa, tetapi harus mau menelusuri Agama Islam yang di ajarankan 25 nabi yang wajib Kita Percaya!

    BalasHapus
  31. kalo memang benar negri saba ada di palestina atau yaman mana bukti yang valid pdahal di Al- Quran sendiri tidak menyebutkan bahwasannya negri saba' terletak di daerah tersebut. tetapi Qur'an hanya menjelaskan tentang ciri ciri nya saja. dan penelitian membuktikan di negri yaman dan palestina tidak ada. Ilmu ALLAH itu luas bahkan lautan yang ada di dunia ini hnya setetesnya saja. jadi tidak ada kemampuan kpada seseorang kecuali atas izin ALLAH SWT.

    slam knal: Senopati GiRi Lawu

    BalasHapus
  32. Qur'an adlh kitab suci yg nyata kbenaranya tidak ada satupun mkhluk yg sanggup merubahnya. bacalah Qur'an dengan makna dan artinya, sesungguhnya ilmu ALLAH itu di bagi dua : mu'amalah dan mukasyafah. mu'amalah itu di berikan kpd kita semua tetapi mukasyafah untuk org - orang tertentu yg mampu memahaminya.

    from: syech sulaiman Al - Habssy

    BalasHapus
  33. Qur'an adlh kitab suci yg nyata kbenaranya tidak ada satupun mkhluk yg sanggup merubahnya. bacalah Qur'an dengan makna dan artinya, sesungguhnya ilmu ALLAH itu di bagi dua : mu'amalah dan mukasyafah. mu'amalah itu di berikan kpd kita semua tetapi mukasyafah untuk org - orang tertentu yg mampu memahaminya.

    SAYA SETUJU DENGAN YANG TERAKHIR..."mukasyafah untuk org - orang tertentu yg mampu memahaminya......".....Itu mungkin yang belum kita punya gan....

    BalasHapus
  34. saya ambil pelajaran dari ini.. sedikit atau banyak yang telah saya dapat dari pengetahuan ini sangat bermanfaat. karena saya harus tau darimana, dimana, untuk apa dan apa hidup itu...

    BalasHapus
  35. ALHAMDULILLAAH.. akhirnya perdebatan ini tercerahkan..
    Thanx all.

    BalasHapus
  36. terimakasih infonya sangat bermanfaat, semoga sukses dan tetap berkarya./

    BalasHapus
  37. He bro, jangan bodoh dulu, jangan sangka Fahmi Basya itu orang Islam.
    Bisa aja dia itu orang bayaran Yahudi untuk menurunkan citra agama Islam.
    Lagipula Islam itu tidak membolehkan adanya patung.
    tapi Nabi Sulaiman juga ada sebelum Islam, jadi mungkin dia boleh membuat patung. Cuman tergantung Shaf-shaf/lembaran wahyu yang diturunkan Allah ke dia, itukan sudah lama jadi kita tidak tahu
    Intinya jangan asal tuduh agama lain, orang Yahudi banyak yang dibalik layar

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah ente bro Gantan, tahu pasti emang pak Fahmi itu orang apa? bikin panjang aja nih, heee.. patung berhala itu ada sejak jaman nabi Nuh bro, artinya awal adanya syirik (menyekutukan Allah itu di jaman itu) .. baca lagi bro Islam itu artinya apa? apakah kitab agama lain termasuk Islam juga, dulunya ? jangan lebay ke yahudi... tapi waspada boleh !

      Hapus
    2. ada kebolehan dan larangan yang di syariatkan agama Islam ( Muhammad SAW ), di antaranya dibolehkannya mengambil harta rampasan perang, syariat sebelum Islam di haramkan mengambil harta rampasan perang... nah di jaman Islam ( Muhammad SAW ) patung di larang di buat karena di khawatirkan akan di sembah sebagaimana kecenderungan kebanyakan manusia untuk menyembah patung. begitulah syariat itu di Islam adalah yg terakhir, dan untuk kebaikan semua manusia ... walau banyak manusia sulit menerimanya

      Hapus
  38. iki do ngopo toh... bahas2 yg kita semua ga tau. udah lah yakini yg kalian anggap benar. klo ga buru2 dan pengen tau jawabannya ntar tanyain pas kita semua udah di akherat.

    BalasHapus
  39. yawes, sejarah borobudur hanya tinggal sejarah, kita kan tidak tahu kejadian sebenarnya, waktu itu tidak bisa di ulang, tapi kejadian d masa lalu adalah ilmu yang sangat berguna bagi kita untuk menjalani hidup di waktu yang akan datang.....
    jadi biar lah sejarah seperti itu,dan masa depan indonesia ada di tangan kita..
    semngat mencapai ilmu, untuk diri kita, keluarga, orang2 dekat kita dan pastnya masyarakat dan negara indonesia pada umumnya
    wassalamu'alaikum wrwb

    BalasHapus
  40. kalu ane right thinker mas bro... heeeheee
    luar biasa pak Fahmi.. telah meluangkan waktu untuk mengkaji Al Quran, apresiasi buatnya, telah berani dengan bukti2 yang dibawanya.. apa admin ada buktinya ? di jelaskan bahwa di Yaman itu tidak di temukan adanya bekas peninggalan2 ratu Saba.. padahal Al Quran telah mengatakan bahwa isinya pasti memiliki bukti... mungkin memang butuh waktu dan lebih banyak peneliti untuk membuktikannya... ingat mass broo dulu tuh orang di bilang gila bisa komunikasi antar negara dan benua.. sampaidi temukan telegraf, telepon, internet, streaming, dll. tengs

    BalasHapus
  41. berarti tibet jg umat sulaiman,di thailand juga ada patung sulaiman,ngawur teori

    BalasHapus
    Balasan
    1. loe orang goblok bangeeeeeet sih

      Hapus
    2. dasar pada oon...emang patung ga pake baju trus kepala botak itu BUDHA? tuyul juga botak....pak ogah botak...petinju2 juga botak...nah kalo mereka diabadikan dalam bentuk patung ......sama donk dengan patung Budha.....cepek dulu.....

      Hapus
  42. ketika galileo mengemukkakan teorinya bahwa bumi bulat ia dihukum mati oleh uskup" atau pastur"... tetapi setelah beberapa tahun kemudian ternyata teorinya benar...

    BalasHapus
  43. Agree with basya 100%

    BalasHapus
  44. al-Qur'an adalah kebenaran mutlak, siapa yang mampu memahaminya, dia akan paham banyak hal dari misteri kehidupan yang kasat mata maupun yang sengaja dirahasiakan Allah utk dibukakan pada orang/kaum tertentu suatu saat.....

    BalasHapus
  45. heu heu heu. terima kasih sama pemilik blog ini, sy belum percaya sama pak fahmi. biarlah dia melakukan penelitiannya, tetapi sy yg mengetahui dari sejarah candi borobdur di buat oleh raja wangsa syailendra bukan Nabi sulaiman. operihal isi gambar gambar yg tertera di candi borobudur itu menyerupai kisah tentang ratu saba, bisa saja, sebab cerita itu dalam injil pun kisah tentang nabi sulaeman ada bukan hanya daam qur'an saja.

    sy setuju dengan pemilik blog ini

    BalasHapus
  46. agama itu cuma satu kalo orang-orangnya ga kaya isi comment blog macam begini nih.. teori belom terbukti aja udah berantem duluan, begitu ketauan hoax nyalah-nyalahin deh.. hadeh.. ca'ur.. ca'ur..

    BalasHapus
  47. Nabi Sulaiman as. bisa 'mengendarai angin' itu maksudnya 'berkendara dengan kendaraan berkecepatan sangat tinggi seperti angin', bhs skrgnya 'ufo'. Bknnya dibawa terbang sama jin2 sohib beliau.. Iman kpd yg gaib bkn berarti semuanya hrs dikaitin sama alam jin & makhluk halus dong! Coba deh pd googling ttg "Ancient Aliens" & Vimana. Apa masuk akal Nabi Adam as. diturunkan ke Bumi tanpa ilmu supertinggi utk kemudian beliau turunkan ke anak-cucunya sbg survival guide?
    Klw lihat kemiripan bentuk arsitektur Borobudur, piramid Giza, piramid Mesoamerika, & reruntuhan piramid di Bulan & Mars, apa yg bisa kita simpulkan? Apa kaitan semua bangunan itu dgn agama?

    Semua agama Samawi tujuannya ngajarin manusia utk mengimani Tuhan yg satu, walaupun sebutan/namaNya berbeda2. Di Qur'an ditegaskan: Tuhan menghendaki perbedaan, termasuk perbedaan terkait SARA. Itu hak prerogatif Dia. Yg salah itu ya yg ga punya agama, yg berdo'a kpd bnyk/selain Tuhan, yg ga percaya Tuhan, yg berbuat kerusakan smb bawa2 nama Tuhan, & yg menghina Tuhan/agama lain.
    Knp sih Islam hrs diidentikkan dgn Arab, smp2 cara berpakaian Muslim Indonesia hrs ala bangsa Arab? Islam tumbuh & berkembang di jazirah Arab, tp Islam kan utk seluruh penghuni alam semesta dgn segala perbedaannya. Yesus bangsa Israil, bhsnya Aramaik, tp knp coba Injil/Bible malah lbh berkembang dlm bhs Inggris? Knp para pemuka agama Kristen ga berpakaian spt Yesus tp malah berpakaian ala Barat?

    Tolong sesama bangsa Indonesia perkaya otak dgn hal2 berguna deh, udah dkt kiamat koq msh aja hobi ngotorin mulut, pikiran & hati..
    Bwt Leftthinkers: nice post. Surely not perfect, but still worth-reading. Salam.

    BalasHapus
  48. Baca bukunya dulu dech, ada koq di Graxxxxx, yg dimakdsud ratu Balqis itu BUKAN patung yang cowok itu, Bentuknya relief bener2 cewek yang lagi menyingsingkan kainnya, karena dia pikir dia berjalan di atas air, ada relief burung ababil dan ratu balqis juga, reliaf sulaiman yang bicara dengan burung2, plat emas dari surat nabi sulaiman kepada ratu balqish yang ditemukan di kompleks kerajaan rato boko, dll. Mending BACA bukunya dulu dech, menarik ada bukti2nya dan kalau dipikir2 make sense juga. Just read it (Very Recommend).

    BalasHapus
  49. semoga pemilik bloq ini di ampunkan dosanya oleh ALLAH S.W.T

    BalasHapus
  50. mang loe punya kaki, loe kan cacat

    BalasHapus
  51. he mas yang punya blog, loe boleh pinter, tapi loe harus bisa baca alqur'an, kalau loe kaga bisa baca, gmana loe mau menggali informasi yg ada di dalam alqur'an

    BalasHapus
  52. Klu boleh ikut Komentar, seandainya borobudur adalah cara mencatat sejarah layaknya buku gimana mnrut kalian kan itu tidak akan lapuk. Dalam sejarah kota wonosobo disebutkan pendirinya adalah keluarga keturunan Yaman, mungkin mereka datang ke indonesia salah satunya menelusuri jejak nabi sulaiman mungkin mereka punya catatan sejarah. Disebutkan pula asal muasal kata wonosobo = wanu seba memang betul wanu/ wono = alas/ hutan. Seba/sobo = singgah....disebutkan pula nama dusun Selomanik....bukankah ada kemiripan dengan kata solomon ? semua hanya perubahan dari pelafalan.....Tepatnya selomanik ada di kecamatan selomerto Kab. wonosobo.
    Lihat lagi direlief candi borobudur bukankah ada gambaran burung yg bisa bicara ? semua terserah pemikiran kalian.

    BalasHapus
  53. Sobat2 sebangsa setanah air....perbedaan itu indah ! itulah kenapa Pelangi identik dengan keindahan. Termasuk perdebatan diantara sobat2. Diskusi yang baik itu di landasi dengan hati dan pikiran beserta pengetahuan yang terkait dengan temanya. karena segala sesuatu urusan kalo yg menangani bukan ahlinya maka siap2 kehancuran melanda. Kesimpulannya mari kita beri contoh yg baik tentang argumen yang bermuatan Ilmu, itu jauuuuh...! lebih bermanfaat daripada saling mencela yg pada akhirnya menyesal.....sekian terima kasih sobat2ku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. argumen yang bermuatan ilmu pengetahuan apa yang pakai klaim bawa bawa jin segala?????????????????????????????????????????????????????????????????????????

      Hapus
  54. alkisah 2000 tahun dari sekarang ... negara amerika sudah hilang karena perang dengan rusia.... terus arkeolog menggali situs pentagon..akhirnya tergalilah pentagon (bangunan persegi lima , pusat pertahanan amerika)... dan didalamnya terdapat komputer yang berisi program berbasis bahasa java,,,,terus ditemukanlah komik cerita superman,,,,dan ditemukan bekas bungkusan makan mie instan merek supermie...
    eng ing eng....datanglah ilmuwan muslim mengklaim bahwa:
    amerika dulunya adalah negara muslim karena :
    1. bentuk bangunan pusat pertahanannya segi lima ( sesuai dengan alquran yang bilang sholat tiang agama adalah 5 kali... he he he sesuai kan..
    2. orang amerika dulunya adalah keturunan jawa karena komputernya memakai bahasa program java...(makin gila...)
    3. superman adalah gambaran bidadara di surga dan superwoman adalah gambaran bidadri di surga, masih keturunan nabi sulaiman karena memakai awalan su...( ???????)
    4. supermie adalah sisa sisa makanan jin nabi sulaiman... karena memakai awalan su...($(^^%%$#%$$^&&%%^&5)

    kira kira sama tidak ya klaim si fahmi gendheng dengan cerita diatas??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1- supermie mah makanan asli orang china bro...orang jawa mah makan singkong...
      2. Suparman asli orang jawa bro...cuma kebalik celana dalamnya
      3. pentagon lima bkn rukun islam bro tapi kumpulan ibu2 PKK di rt gue empat sehat LIMA sempurna....org indonesia blm mampu kan beli susu...
      4 aduh hari gini pake bahasa java...emang si bro ini gaptek ya ga tau kalo musim android....

      Hapus
    2. dasar goblok ...mana ada bahasa program yang namanya android?????? android itu os(operating system) beda dengan bahasa programing..
      contoh os : windows, unix,linux,android,symbian, dlllllll
      contoh bahasa programing : java,pascal,assembler,c,c++,dllll

      makanya bego.... taunya android bahasa program....baru beli handphone pakai os android ya????itu juga hp pocin yang murah meriah ya???

      Hapus
  55. ntar diklaim bahwa amerika adalah negara muslim karena bangunan pusat pertahanan amerika adalah pentagon ( bersegi 5) yang diambil dari al quran ..sholat adalah tiang agama ..jadi sholat 5 waktu adalah tiang agama...
    pentagon bersegi 5 ( jadi adalah ilmu alquran) sehingga amerika adalah negara muslim...
    he he he benarkan klaim nya??????????????????????????

    BalasHapus
  56. kaga heran lah boss...lha seluruh alam semesta dan isinya pun diklaim milik muslim...apalagi borobudur..lha buktinya di alquran ditulis:allah adalah pencipta alam semesta..jadi seluruh alam semesta adalah milik islam...
    yang lain cuman numpang..
    ha ha ha ha

    BalasHapus
  57. kalau menurut klaim muslim berdasarkan alquran :
    alam semesta adalah ciptaan allah:
    jadi:
    1. seluruh alam semesta adalah milik muslim
    2. bumi adalah milik muslim
    3. indonesia adalah milik muslim
    4. amerika,jepang,jerman,rusia,cina,perancis,inggris,australia, adalah milik muslim
    ..\

    apalagi bangunan sekecil borobudur pastilah milik muslim...


    maksudnya muslim gila!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. goblok banget nih orang,....ciptaan Allah berarti milik Allah...bahasa indonesia dapat berapa di SD????????????????

      Hapus
    2. di kristen juga ada ALLAH....IQ di pantat lohhhh

      Hapus
    3. yang IQ di pantat ya si nickname CIBOGOCITY ini... ngatain android adalah bahasa programing !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! mana ada bahasa programing yang namanya android???????????????

      dasar bego super duper goblokkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk!!!

      anak alay baru pakai HP android ya????itu juga HP pocin murahan ya!!

      Hapus
  58. EH KATANYA PUSAT AGAMA BUDHA DI CHINA, TAPI KENAPA DI CHINA KAGAK ADA CANDI....YANG MENYERUPAI CANDI2 DIINDONESIA YA...HARUSNYA DI CINA CANDINYA LEBIH GEDE DARI BOROBUDUR...MINIMAL 100 LANTAI GITU LOH..
    BELANDA AJA BIKIN ISTANA DI INDONESIA, BANGUNAN BELANDA DI NEGRI ASALNYA JUGA SAMA....
    BUDHA TUH YA KLENTENG.....DI CHINA JUGA KLENTENG...TAU GA SIH KLENTENG???????????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah ke negeri china belon???? dasar bego..koar koar lagi di internet!!
      tu lihat di kuil shaolin ( shaolin menganut agama budha aliran chan)... itu ada bangunan stupa stupa persis kaya candi tapi tidak besar ...tapi banyak....
      siapa bilang china pusat agama budha???? dasar bego dipelihara..
      pantes muslim kaga maju maju......

      lah wong operating system android dibilang bahasa programing?????
      sama si bego diatas!!!

      Hapus
  59. Pernah denger bahwa sejarah kebesaran bangsa kita sudah diburamkan oleh bangsa kolonial yang menjajah kita. agar kita mengenal berasal dari bangsa primitif dan baru ada kerajaan pada abad 5 M.
    karena kalau kita tahu kita keturunan bangsa yang besar pasti kita menjadi negara yang besar.
    karena kita merasa berasal dari orang primitif ya bangsa kita seperti yang ada saat ini.
    Dan cara bangsa kolonial tersebut berhasil....

    BalasHapus
  60. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  61. Klo aku sih yakin, sejarah tetap sejarah. Dan pada waktunya akan terbukti sendiri. Cuman heran aja..knapa byk sekali dri bangsa ini hilang nasionalisnya justru menjunjung budaya orang lain. Salah apa Indonesia....Toh..bangsa kita lebih bermartabat dan berbudaya...Budaya Islam is oke.and very oke.. Budaya Arab..No...berat..
    Islam dan arab beda..

    BalasHapus
  62. sya setuju dgn fahmy basya...

    BalasHapus
  63. Yang membuat blog ini narsis banget pengen
    Dipuji doank kalo gk sependapat langsung dech diusir

    Kalo gak siap dikritik jangan buat blog aja mas, tidur aja dikasur

    Ngapain pake buat2 blog segala

    BalasHapus
  64. GUOOOOBLOG SEMUAA !!!! KH FAHMI LG RISET CUK>>> SUPAYA KITA TIDAK BUTA !

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana ada riset pakai bawa bawa jin segala??? bisa diketawwain sedunia...
      ntar ujiannya pakai pengawas dari jin lagi????
      yang mengkoreksi jawaban pakai jin??

      mana yang goublobbbogokgokakdkkask??????

      Hapus
  65. Inget, kapitalisme global sudah merasuki semua lini termasuk pendidikan kita, riset dan teori2 dibuat untuk kepentingan tertentu...

    Otak kita dikerdilkan...
    Masalalu kita direndahkan,...
    Hati kita di kecilkan...

    DIMANA SASIONALISME KAMU BUNG!!!

    Salah satu anak terbaik bangsa seperti Kh. Fahmi mencoba menelusuri kembali sejarah bangsanya yg hilang dan dikaburkan oleh teori2 barat yang syarat kepentingan...

    Dan mudah-mudahan teorinya benar, setidaknya bangsa kita dibesarkan" hatinya akan peradaban masa lampaunya yang dasyat sehingga menjadi modal pede untuk menggapai masa depan...

    GBU ALL ^_^

    BalasHapus
  66. Sorry Typo... Ini yg bener > "DIMANA NASIONALISME KAMU BUNG!!!"

    BalasHapus
  67. kalian tahu Film AVATAR the Legend of aang

    klo d pkir nabi itu seperti avatar, lahir tidak hanya di Timur Tengah saja,
    namun bisa di daerah mana saja, Nabi muhamad lahir d mekkah, isa as bisa lahir selain itu, dan yg lain jga begitu berbeda tempat, dan pertama kali adam dan hawa turun kebumi terpisah jarak di ujung bumi dan akhirnya d pertemukan.

    jadi mungkin dan mungkin saja klo menurut pendapat saya,
    Nabi sulaiman itu mungkin bisa saja Ras yg d lahirkan d pemukiman Budha yg kulturnya keriting seperti d patung itu *Plaaaak ni cuma kiraan

    dan soal tahun juga gk ada yg pasti benar, emang siapa yg membuat Tahun ?
    Perasaan yg menemukan Tahun yg kita sebut MASEHI itu berasal dari Romawi :v

    ada lagi nih Link Injil asli d temukan d Turki

    http://indonesianalysis.wordpress.com/2013/02/25/injil-asli-ditemukan-di-turki-paus-benediktusxvi-mundur-mungkinkah-awal-kerutuhan-gereja/

    bagi yg Kristen wajib gk boleh menghapus dan menambahkan wahyu yg d berikan ke Isa a.s dong? dasar paus kesempatannya, emang pada saat paus itu udah zaman romawi, zamannya kekuasaan tahta dan wanita

    BalasHapus
  68. kalau sih fahmi berani ...sono klaim ke mendikbud indonesia terus klaim bahwa borobudur peninggalan muslim.......kita lihat diterima tidak argumennya???
    lawan tu arkeolog UI dan UGM....
    jangan koar koar di internet...kaga guna bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang yang di klaim ke lembaga aja juga belom tentu bener, goublok
      pake ngaduin segala ke arkeolog UI & UGM Asal loe tahu aja, arkeolog cuma bisa mendapatkan jawaban kira2 atau kurang lebih
      Jadi arkeolog juga sebenarnya gk tahu apa2 tentang masa lalu
      Kalo mau tahu secara mutlak, buat mesin waktu & pergi ke masa itu & buktikan sendiri

      Hapus
    2. makanya beda dengan yang sekolah di UI dan UGM yang terpercaya kualitasnya yang tidak pakai ilmu jin dan lain lain...
      yang klaim pakai ilmu pengetahuan bukan pakai ilmu agama !!!

      Hapus
  69. nih posting tambah gua bikin pusing katanya di atas 1000an SM, ini baru zaman migrasi bangsa Deutro-Melayu dari Taiwan/China/Tonkin menuju Indonesia. tapi kemaren artepak di gunung padang umurnya udah puluhan ribu taun dan piramida terkubur di gunung lalakon umurnya puluhan ribu taun itu siapa yang bangun masa setan...

    BalasHapus
  70. di prediksi asal mula peradaban berasal dari sundaland yang di sebut atlantis benua sunda dan juga negri saba di temukan di salah satu candi bergambarkan seorang duduk di atas singasana bersama suku maya suku aztek dan ada dua orang yahudi sedang memohon...

    BalasHapus
  71. hanya orang gila klaim riset ilmu pengetahuan pakai bawa bawa jin segala!!!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sory, dalam ilmu fisika atau anda mengenal fisika quantum, keberadaan makluk halus di benarkan. Jadi Jin itu ilmiah

      Hapus
    2. ngomong ngomong fisika quantum!!! apakah anda sudah belajar fisika quantum???? sampai mana ilmu fisika quantum anda????? tahukah theory string??? dll??? mana ada di ilmu fisika quantum yang bilang ada jin?????????????????????????????????????????????????????

      anda kuliah fisika dimana?????????????????????????????????

      pantes anda jadi goblokkkkkkkkk karena ilmu othak athik gatuk islam !!!

      kalau tidak percaya coba tanya pakar fisika indonesia di UI : terry mart...apakah ada fisika quantum yang mengajarkan adanya jin????????

      Hapus
  72. lebih gila lagi yang mengklaim bahwa jawa dari kata jew(yahudi bahasa inggris), jadi orang jawa keturuan yahudi????????????? dasar fahmi dosen goblok bagaiman ya hasil mahasiswa didikannya????

    dari kata kata jew menjadi jawa saja sudah kelihatan othak athik gathuk itu orang goblok !!!

    jangan jangan si fahmi ini agennya zionis israel yang ingin meng yahudi kan jawa indonesia!!!!

    BalasHapus
  73. Belajar nulis lagi bro, nulis artikel aja masih salah, sidarta gautama penemu agama hindu? u r genius. anda tidak percaya dengan teori diatas? tapi anda menggunakan sulaiman=solomon, dimana letak attitude anda? "Sebuah manuskrip yahudi kuno menceritakan bahwa tentara Solomon/Sulaiman menemukan kerajaan purba di kepulauan timur yang bernama Ophir yang diperkirakan terletak di Sumatera Barat, dan diceritakan bahwa di kerajaan ini mempunyai gunung dengan kekayaan alam emas yang melimpah sehingga mereka mengambilnya (jangan kaitkan ini dengan pembuatan Candi Borobudur oleh Nabi Sulaiman, sungguh SARA/menyinggung kaum agama Buddha dan yang ini saya tidak percaya)"
    Jujur, artikel anda berantakan, ada kata kata yang anda tulis tidak sesuai dengan fakta dan satu pertanyaan, anda amnesia? jika tidak, mengapa anda tidak percaya sebuah teori tp anda menggunakannya. Saya percaya anda bukan plagiat, tapi dasar yang anda gunakan apa untuk mengkritisi orang? Jangan SOK KRITIS. Intropeksi anda dulu, mulai dari cara anda menulis yg di artikel atas ini masih banyak kesalahan. TY, mau mengkritisi tapi kok ga trima di kritisi

    BalasHapus
  74. Cuman bisa ngakak aja kalau ada yang percaya borobudur dibangun nabi sulaiman, emang nabi sulaiman naik mesin waktu gitu buat bangun candi borobudur di Indonesia, boro-boro mesin waktu, wong ke kota lain aja masih naik onta, -____-"
    Hadeh gak nyangka masih banyak orang yang mencocoklogikannya pinter banget tingkat dewa apa yang cocok langsung dicocok2in ambil ayat sedikit2 yang penting cocok,, -____-"
    Gini nih makanya Indonesia gak maju-maju yang dipikirin cuman riset melintir sejarah-sejarah daripada membuat sebuah teknologi inovasi baru seperti misalnya pengolahan SDA yang dibuat asli dari dalam negeri tanpa campur tangan asing,
    moga2 masih banyak orang yang berpikiran waras, -__-"

    BalasHapus
  75. berarti nabi sulaiman nyembah berhala dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti orang jawa keturunan yahudi donk????? gile kaleeeeeeeeee....berarti israel adalah tanah perjanjiannya orang jawa dong?????????what the fuc.....k

      jangan jangan ini si fahmi basya adalah intelnya israel yang pengen memecah belah indonesia...dengan mengadu domba orang islam dan budha...

      Hapus

  76. Menurut saya sebaiknya tidak usah saling menyalahkan, hargai masing masing teori, jangan asal membantah tanpa mempelajari dan menyelaim sedalam mungkin ;)

    mungkin saja…… Nenek moyang kita semua memang sama dari nusantara yg sebelumnya namanya atlantis 11.600 tahun lalu, trus menyebar jd berapa bangsa dan agama

    1.Islam dan Nasrani ada meyakini nabi Ibrahim istrinya Dewi Sarah - Hindu Budha ada betara guru Brahma istrinya Dewi Saraswaty 2000 SM.

    2.Islam mengnal nabi Zulkifli- dan Budha Gautama (Bodhisattva bakal mencapai pencerahan) umat Budha 1500 SM.

    3. Islam Nabi Isa rosul Allah - Nasrani Isa Almasih putra Bapa / putra Allah, Bapa di Surga, Surga /ciptaan dan milik Allah, Artinya Bapa itu juga nabi (Ibrahim/Abraham/Brahmana)artinya Semua nabi Allah.

    4.Budha Maitreya (yg akan datang) dalam islam itu adalah Nabi Muhammad SAW 570 M.
    (Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muttholib bin Hasyim bin Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka'b bin Lu'ay bin Ghalib bin Fihr (Quraish) bin Malik bin an-Nadr (Qais) bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah (Amir) bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma`ad bin Adnan.[18] Adnan merupakan keturunan laki-laki ke tujuh dari Ismail bin Ibrahim 2000 SM, yaitu keturunan Sam bin Nuh 4000 SM …. Silsilah sampai Adam 6000 SM)
    5,6,7 dst :)

    Kata Dr.Santos dr brazil Atlantis di jawa/nusantara sekitar 11.600 yg lalu
    Semua semua nabi Islam 25(nabi dan rosul) + banyak lagi nabi sejak 6000 SM. mengajarkan tauhid / Tuhan YME, Islam dan Nasrani menyebut Allah, kemudian Hindu / Budha mungkin menyebutnya Sang Hyang Widhi, katanya dalam kitab sudah menerangkan Tentang Bani Jawi keturunan Nabi Ibrahim, dan semuanya jelas silsilahnya anak turun Nabi Adam.

    kalau pemahaman saya masih sangat terbatas dan akan terus belajar, tanpa harus saling membantah atau bahkan saling menjelekkan,
    sebenarnya sumber kebenaran kita semua sama dr tuhan yg satu, Islam di bawa Oleh Nabi Muhammad 500-600 M, yg memang dengan tegas di tekankan oleh nabi bahwa sesungguhnya beliau tidaklah di utus oleh Allah kecuali untuk menyempurnakan Ahlak / Budi Pakerti, Mari di pelajari dalam Al-Quran termuat semua ajaran termasuk Taurat, Zabur,Injil dan Wahyu yg di turunkan oleh Allah kepada beliau sendiri.

    Harap maklum saja bukan klo seiring perkembangan Zaman semua Ajaran Nabi yg di tutur tinularkan ke jagad raya mengalami banyak perbedaan dar lain lain belahan dunia, tapi intinya sama mengajak dalam kebenaran, bahkan Nabi muhammad mengajarkan bahwa semua agama adalah benar, dan Islamlah yg paling benar ( menurut muslin tentunya) dan yg tidak punya iman atas hal itu ya belum Islam tentunya.

    Jika benar Atlantis dulu adalah Nusantara, lalu apa salahnya klo ada yg memahami Nabi Sulaiman (975 SM) bin Daud bin Aisya bin Awid dari keturunan Yahuza bin Ya'qub bin Ishaq bin Ibrahim bin Azar bin Nahur bin Suruj bin Ra'u bin Falij bin 'Abir bin Syalih bin Arfahsad bin Syam bin Nuh Bin Lamik Bin Mutawasylah bin Idris bin Yarid bin Mahlail bin Qainan bin Anusyi bin Syits bin Adam 6000 SM. Makaa mungkin Saja Sulaiman Adalan orang Java kakek moyang Sukarno dan Sugimin ingat saudara DUNIA ITU BULAT jd maklum klo mbulet….

    Bisa jadi pembangunan Borobudur pada zamanya itu atas dasar inspirasi dari Sejarah sebelumnya dari para Nabi Allah atau para Budha yg sudah turun temurun di kisahkan, melihat kisah para nabi khususnya Nabi Adam,Nuh, Ibrahim, Musa,Daud, Sulaiman, Isa, Muhammad

    Ambil hikmah dr semua Ilmu Allah yang maha luas ini semoga kita semakin sadar bahwa Allahu Akbar Allah Maha Besar.

    mari sama sama banyak belajar dr semua kitam yg ada dan bukan dr salah satu sumber semata biar tampak oleh kita kebenaran yg hakiki

    Kata Dr.Santos dr brazil Atlantis itu ialah di jawa/nusantara sekitar 11.600 yg Lalu
    Semoga Kita semua bertambah ilmunya, sama sama belajar saja yuuk ;)

    Hanya Tuhan yg maha tau... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhammad adalah budha maitreya??????? lagi mimpi kau ya??? baca yang jelas ktiab budhis..jangan baca dari buku karangan amrozi!!!

      Hapus
  77. Bismillahirrahmanirahiimi.

    http://www.youtube.com/watch?v=W344Ijvxg6w&hd=1

    Silahkan anda buka link youtube tesebut pahami dan amati dengan baik, hanya orang-orang baik dan berakal yang mampu menerima hal tersebut.

    Nuhun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dasar gendheng... bilang orang jawa keturunan yahudi karena jawa dari kata jew????
      gila kali ya??jew itu dari bahasa inggrisssssssssssssss!!!

      ini aja salah..yang lain sih othak athik gatuk aja...mendingan sono nebak lotto amerika ...lumayan hadiahnya ratusan milliar...daripada othak athik borobudur..
      bisa kaga ntu ilmu matematika eslam karangan si bapak fahmi utk ilmu othak athik gatuk nebak nomor buntut??? ha ha ha

      Hapus
  78. pantesan itu UIN banyak menelurkan anggota ISIS...lah guru matematika nya aja goublokkkkkkkkkkk

    BalasHapus
  79. mendingan itu sih fahmi masuk tim pembelanya si prabowo..siape tau menang klaim ke MK lewat pembuktian ilmiah matematika islam..bahwa prabowo menang 90% lawan jokowi...wkkkkw wkwkkw kwkwkw

    BalasHapus

Gunakan Kata Bijak..Apabila Tidak Siap2 Saya Injak..