Jumat, 28 Mei 2010

Hardcore Punk (Bapak Dari Segala Musik Cadas)
















Yah memang benar, ini salah satu lanjutan dari postingan Straight Edge, nah sekarang mari kita ulas musik Hardcore Punk


Sejarah Hardcore Punk


Musik Hardcore Punk adalah lanjutan dari musik Punk Rock atau pendalaman musik Punk Rock yang lebih dinamis,agresif, dan lebih cepat di tahun awal 80'an.salah satu penemu Hardcore Punk adalah :

Black Flag



Dialah penemu pertama musik ini, kalau didengar-dengar lagunya rock and roll dan punk rock nya masih kental yang berfilosofi masih sex,drugs, and rock and roll. tapi menginfluensikan semua band hardcore punk lainya.

Bad Brains


Inilah yang paling unik dari ketiga penemu Hardcore Punk, orang kulit hitam/negro memainkan musik punk rock/hardcore dan dianggap menjadi hal yang biasa. Dengan lagu yang terkenal seperti Pay to Cum, Banned in DC, dan Right Brigade, ia terangkat menjadi orang yang paling dihargai dalam musik Hardcore.Bad brains adalah Rastafarian, adalah sebuah gerakan orang hitam Jamaika yang menyebar di Amerika.


Minor Threat





Inilah band sang pembuat istilah straight edge, dengan munculnya band ini baru ada yang namanya istilah hardcore dari musik punk rock di awal 80'an.Namun sayangnya band ini bubar di tahun 1983, dan sang vokalis Ian Mackaye membuat band baru yang bernama Fugazi yang melahirkan subgenre dari hardcore punk, yaitu Post-hardcore (campuran indie rock dan hardcore punk).

Band Hardcore Punk 80'an lainya:


MDC (Millions of Dead Cops)



Yang unik dari band ini adalah liriknya menceritakan kebencianya terhadap aparat yang pada zaman itu main kekerasan tanpa memikirkan keputusan yang lebih lebih baik(namanya juga udah ketauan ''Jutaan Polisi Mati'')

Adolescents








Band ini berasal dari Orange County, California. Dengan vokalisnya Tony Cadena yang sangat enerjik dan uniknya kalau melakukan konser sambil pencilaan, bahkan dia pernah melempari kucing ke kerumunan penonton (kasihan penonton nya dong di cakarin kucing hehe)



Subgenre Hardcore Punk

Setelah merajalelanya musik hardcore punk, akhirnya diakui sebagai aliran underground pertama tanpa bantuan pihak perusahaan musik sedikit pun, budaya ini disebut DIY (Do It Yourself), dan subgenre dari Hardcore Punk bermunculan (subgenre nya lebih dari 20 loh tapi saya menyebutkan sebagian nya saja hehe) contohnya:

Melodic Hardcore (biasanya disebut Melodic Punk,Melodic, atau Skate Punk)

Yup, inilah aliran pertama yang keluar dari Hardcore Punk, bedanya lebih halus di vokal dan biasanya agak biasa didengar diantara keras dan tidak keras, dan temponya tetap cepat, salah satu band nya adalah:

NOFX



Bad Religion



Rise Against



Post-Hardcore

Nah inilah salah satu subgenre Hardcore Punk yang agak kompleks untuk dijelaskan karena orang awam beranggapan Post-Hardcore adalah musik screamo atau yang biasanya disebut emo, tapi kita lihat terlebih dahulu asalnya. Sebenarnya Post-Hardcore adalah aliran subgenre Hardcore Punk campuran dengan elemen indie rock dan noise rock, dan berevolusi menjadi emo jadi orang salah kaprah dengan aliran Post-Hardcore, contoh band Post-Hardcore adalah:

Fugazi





Embrace




Crossover Thrash

Musik ini muncul berbarengan dengan musik Thrash Metal, tetapi ini lebih memunculkan sisi Hardcore nya, banyak band2 Hardcore Punk beralih ke aliran subgenre ini, cirinya Tempo Hardcore, memakai rythm drop (rythm Metal), gaya vokal shouting khas Hardcore Punk,contoh band nya adalah:

Agnostic Front

Suicidal Tendencies

D.R.I (Dirty Rotten Imbeciles)


Metalcore

Inilah genre Hardcore Punk yang paling brutal, dengan teriakkan growl khas metal atau shouting khas Hardcore, aliran ini berkembang pesat setelah munculnya band2 Crossover Thrash. Dan sekarang menjadi sukses (dan ironisnya pasaran), salah satu band HC Metalcore(kita tidak membahas metalcore kacangan alias metalcore pasaran):

Earth Crisis

Terror

Shai Hulud

Integrity



Yup inilah yang saya bisa lihatkan salah satu subgenre2 dari Hardcore Punk, bagaimana dengan Hardcore tanah air??

Local Hardcore Punk Bands

Musik Hardcore Punk muncul di tanah air di tahun akhir 80'an, yang pertama nya masih agak bercampur dengan musik punk rock, dan scene nya masih bersifat street punk, dan akhirnya tahun 90'an scene Hardcore Punk memisahkan diri dari scene Punk, contoh band Hardcore Punk tanah air adalah:

Straight Answer



Final Attack

Dead Pits

Septictank



Refleksi Diri For All Hardcore Guys

Memang musik Hardcore Punk musik yang sangat berpengaruh ke semua musik-musik cadas di dunia, ironisnya tidak pernah diakui oleh mainstream (coba tanya aja orang awam pasti gak tahu hardcore), tetapi setidaknya kita bangga bahwa orang sebelum kita sudah memperjuangkan sebuah aliran ini, dan kita tinggal menikmati hasilnya saja, dan alhamdulilah tahun 2010 ini scene Hardcore agak meningkat ke permukaan, dan insya allah 2-3 tahun lagi kita akan menciptakan Second Wave of Hardcore!!amin!!

17 komentar:

  1. wah artikelnya menarik om, musik underground (punk, hardcore, grindcore, de el el) emang punya rasa tersendiri terhadap para penggemarnya, bukan karena musiknya saja tapi karena "jiwa" yang mereka tiupkan terhadap warna musik dan kehidupan mereka

    BalasHapus
  2. iya betul man hehehe..

    thanks for your comment

    BalasHapus
  3. bro menurut anda madball masuk bergenre apa ?

    BalasHapus
  4. ada ga ya band indonesia yang ga jauh2 alirannya kyk depeche mode?
    tp gw ga suka sm band yg mainin electro music krn matter of time aj.
    Jadi diri sendiri jauh lebih baik koq dibanding jd poser

    BalasHapus
  5. @anonim: bergenre crossover thrash tapi scene hardcore.

    BalasHapus
  6. good maju trus buat hardcore lokal jgn kalah ma hardcore luar

    BalasHapus
  7. Aah dasar alay... apa bedanya kalian sama orang2 alay? menjelek2kan gaya musik mainsteram(pake bawa2 mtv) tapi membela gaya musik kalian. kalian sama aja!
    Admin paling parah.
    menuduh justin biber iluminati, tapi belain musik hardcore, punk, anti social, mana yang lebih satanic bung?
    Oke kalau menurut pandangan anda YANG SANGAT SUBYEKTIF ITU mengatakan aliran2 kesukaan anda itu bebas dari iluminati(bebas dari mana????) apa anda yakin musik2 itu memberi dampak positif? apa ga justru bikin generasi yang keras dan pemberontak?(jujur aja ga usah ngeliat sebelah mata aja)
    Apa anda menyarankan penikmat musik mencontoh kehidupan personil2 band keras itu? apakah mereka bisa jadi teladan? jadi idol?

    Silahkan sadar sendiri dari kesubyektifan cara berpikir anda. ATAU tentu saja anda bisa bela diri terus. "loe ga suka? engga use buka2 blog guwwe...." anda mau bilang begitu lagi? Ya satu hal yang boleh bicara macem2 kepada orang banyak, tapi orang banyak tidak boleh bicara kepadanya hanya orang munafik.

    Tau ahmad dhani? dia besar karena penggemar, karena pers. tapi apa balasannya kepada para penggemar dan pers ketika kualitas bermusik (dan kehidupannya) dipertanyakan?
    Ga suka ga usah denger, gue ga butuh loe!

    anda persis kayak ahmad dhani.
    apa sih tujuan bikin blog ini? untuk diri anda sendiri?
    sudah jelas anda tidak tahan dengan kritik. mental anda cetek(sukanya denger musik2 keras, tapi mnghadapi kritik aja takut)

    BalasHapus
  8. ya alay tu yg omg...komat kamit...protes soal blog orang...homooooooooo...sneng justin biber koe...ihh,,,ngeriiii....koe sneng mtv?....plototn dah tu....mason television....gw gx peduli ma msik mainstream ato undergroud....yg pnting berkualitas & berbobot...\m/...

    BalasHapus
  9. Wah2, nice post. :D Memang hardcore punk bapaknya musik cadas, tapi kebanyakan para musisi metal malah gak kayak mengakui musik punk gitu

    BalasHapus
  10. jiiiaaah lagi ngomongin underground ngapa jadi bawa2 nama ahmad dhani boos ? REPUBLIK CINTA kaliiiii wkwkwkw :D

    BalasHapus
  11. sorry om ngikut nambahin, kalau kita di bentuk jadi pemberontak oleh musik2 ini, lalu kenapa? reformasi gak bakal keturutan kalau mahasiswa gak berontak. banyak perubahan2 besar di dunia yang di karenakan oleh pemberontak, yang mungkin lebih peduli dengan negara atau kelompoknya daripada mereka yang duduk di kursi empuk di kekuasaan sana.

    BalasHapus
  12. yang jelas,terserah orang bilang mau bilang apa.yang penting straight edge,hardore dsb ikut mempengaruhi hidup gw dan gw juga berkomitmen untuk tetap mengibarkan bendera straight edge di dalam diri gw.menikmati hidup tanpa drugs,smoke dan lainya.mau berjiwa berontak atau apa itu terserah karena masing-masing individu punya filter sendiri...



    Xstraightedge4lifeX

    BalasHapus
  13. HARDCORE PUNK...
    Kapan bisa nampil di Tipi..???
    Bosen ane nonton yg itu2 aja...
    Lagu melow lah,,lagu galau lah,, boyband lah,,
    Arrrggghhh.....Sampah semuanya..!!!!!

    BalasHapus
  14. Thanks ya sob udah share ..............





    agen tiket murah

    BalasHapus
  15. masih bertahan di dalam scene ini bersama teman-teman lokal kota kami sampai saat ini :)

    BalasHapus

Gunakan Kata Bijak..Apabila Tidak Siap2 Saya Injak..