Senin, 09 Agustus 2010

Menghidupkan Kembali Dinosaurus - Is it Possible?

Jika kita mendengar atau membaca kata dinosaurus mungkin kita akan membayangkan seekor kadal raksasa yang menguasai bumi beratus-ratus juta tahun yang lalu. Dinosaurus punah sekitar 65 juta tahun yang lalu dan saat ini kita dapat mengetahui dan melihat mereka secara langsung hanya dari fosil-fosilnya saja. Tapi pernahkah anda membayangkan untuk menghidupkan kembali dinosaurus yang telah punah seperti dalam film science fiction Jurassic Park?(kali ini eksklusif sekali left thinkers membahas pseudoscience dan konspirasi dilewatkan dulu hehe)

sumber:http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-1026340/Jurassic-Park-comes-true-How-scientists-bringing-dinosaurs-life-help-humble-chicken.html dan http://discovermagazine.com/2009/apr/27-jack-horner.s-plan-bring-dinosaurs-back-to-life(also mbah google)



Film Jurrasic Park dan Bukti Saintifik Untuk Membuat Makhluk Itu Hidup



Dalam film tersebut para ilmuwan menggunakan DNA (deoxyribonucleic acid) untuk menciptakan kembali dinosaurus. Para ilmuwan tersebut menciptakan dinosaurus melalui proses yang detail menggunakan teknologi kloning dan mengkombinasi ulang DNA. Lalu bagaimana prosesnya? Berikut ini adalah bagaimana cara mereka menciptakan kembali dinosaurus:

  1. Para ilmuwan tersebut mencari dan mengumpulkan amber. Amber adalah getah pohon yang telah mengeras dan menjadi fosil, biasanya dalam amber tersebut terdapat serangga yang terperangkap dan terawetkan sehingga menjadi fosil. Dalam kasus ini yang terperangkap adalah nyamuk.
  2. Para ilmuwan mengambil darah yang terdapat pada nyamuk tersebut dan mengekstrak sel-sel darah merahnya (Nyamuk di sini adalah nyamuk yang hidup sejaman dengan dinosaurus, dalam film JP diceritakan bahwa nyamuk tersebut menghisap darah dinosaurus dan terperangkap dalam getah pohon yang kemudian menjadi amber).
  3. Mereka mengekstrak DNA dari sel-sel darah tersebut (Bingo! Dino DNA).
  4. Kemudian para ilmuwan mengurutkan DNA tersebut sehingga tercipta untaian DNA yang lengkap.
  5. Mereka lalu mengisi semua celah yang terdapat pada DNA tersebut dengan menggabungkan potongan DNA katak dengan DNA dinosaurus.
  6. Kemudian DNA tersebut dimasukkan ke dalam sel telur buaya untuk menciptakan embrio dinosaurus.
  7. Selanjutnya embrio tersebut ditempatkan ke dalam telur yang terbuat dari plastik khusus dengan memasukkan kantung kuning telur yang besar sebagai cadangan makanan dan sedikit air.
  8. Setelah itu mereka menginkubasi telur-telur tersebut pada lingkungan yang lembab dan bertemperatur 99ยบ F.
  9. Lalu mereka membiarkan telur-telur tersebut menetas dan tumbuh dengan sendirinya.
  10. ENJOY IT!
Beberapa Problem Yang Belum Terpecahkan




Kelihatan sangat mudah bukan pada bagian yang pertama diatas? Tetapi itu tidak semudah yang kita bayangkan. Mengapa?
Pertama, para ilmuwan telah mencobanya dan ternyata gagal.
Kedua, itu adalah proses sulit yang melibatkan banyak kejadian yang dapat merugikan pada suatu waktu.
Kemudian ada beberapa alasan lain yaitu:
  1. DNA Dinosaurus sulit untuk didapatkan dan diurutkan. Meskipun pada akhirnya kita menemukan DNA tersebut, pastinya DNA tersebut telah rusak dan harus diurutkan. Proses mengurutkan DNA ini agak sulit karena untuk mengurutkannya kita memerlukan untaian DNA dinosaurus yang lengkap yang dapat kita copy ke dalam DNA yang rusak tadi.
  2. Meskipun kita telah berhasil mengurutkan DNA tersebut, pasti ada beberapa celah pada DNA tersebut yang harus diisi. Tidak seperti di film Jurassic Park, celah ini tidak bisa diisi dengan menggabungkan DNA katak dengan DNA dinosaurus. Karena celah pada DNA tersebut harus diisi dengan DNA dinosaurus juga. Apabila kita memaksakan mengisi DNA tersebut dengan DNA katak, maka yang tercipta bukanlah dinosaurus, tetapi makhluk mutan atau makhluk campuran antara dinosaurus dan katak. Lagi pula menurut saya menggabungkan DNA dinosaurus dengan DNA katak tidaklah masuk akal, mengapa? Karena menurut teori dinosaurus itu lebih mirip dengan burung dibandingkan dengan katak.
  3. Meskipun DNA tersebut telah dirutkan dengan sempurna, DNA tersebut harus dimasukkan ke dalam sel telur jadi DNA tersebut dapat menjadi embrio dan dapat dikloning. Karena kita akan menciptakan embrio dinosaurus maka sel telur tersebut harus berasal dari sel telur dinosaurus juga dan selama tidak ada dinosaurus yang hidup pada hari ini, maka proses ini tidak mungkin dilakukan. Pada film Jurassic Park DNA dimasukkan ke dalam sel telur buaya, hal ini sangat tidak mungkin karena sel telur buaya khusus hanya untuk buaya, bukan dinosaurus.
  4. Walaupun sel telur buaya dapat menyimpan DNA dinosaurus masalah masih akan muncul, yaitu pada pertumbuhan embrio dinosaurus. Seperti yang kita tahu dinosaurus lahir melalui telur, jadi kita tidak bisa memasukkannya ke dalam tubuh organisme lain, contohnya buaya. Kita harus meletakkan embrio tersebut ke dalam telur. Dalam film Jurassic Park, para ilmuwan membuat telur plastik. Namun, ini tidak akan berhasil, mengapa? Karena setiap organisme yang lahir melalui telur harus mempunyai telur khusus yang di dalamnya terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh embrio yang tumbuh di dalamnya. Contoh, telur penyu tidak akan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh burung begitu juga sebaliknya.

It Concludes



Dengan gagalnya beberapa eksperimen dengan mengambil DNA nya, para ilmuwan pun tidak langsung angkat tangan, bahkan mereka melakukan pengayaan DNA itu dan menargetkan bahwa tahun 2020 eksperimen ini akan berhasil, mari kita lihat nanti. Trims for This Page (Andre Left Thinkers)

22 komentar:

  1. Saya berharap tadi mungkin T-T

    BalasHapus
  2. keren banget vit, kemungkinannya sih besar, tp gue g setuju dinosaurs ada lagi kan ngeri gede2 ntr kita di dominasi repot

    BalasHapus
  3. @andika:hahaha

    @pingkan: iya tapi asal jangan taro di tengah kota aja hehe..tp gua setujunya ditaruh di tengah pulau gitu biar lebih terpencil hehe

    BalasHapus
  4. saya sampai berpikir kalo ini dikaitkan dengan NWO..apabila ini terjadi dan mereka berkehendak untuk ''membuat skenario'' dinosaurus2 raksasa itu lepas dan disengajakan ke arah kota dan membunuh ribuan bahkan ratus ribuan orang..kalo eksperimen dinosaurus hidup berhasil mungkin mereka akan melakukan pengurangan populasi dunia dgn ini (gua nekat yak langsung dikaitkan konspirasi hehe)

    BalasHapus
  5. Ulasan yang menarik..
    Akan tetapi, hal seperti ini 'bisa saja terjadi' dan 'bisa saja tidak (hanya mimpi/khayalan)'...

    Berpikirnya positif saja.. Seandainya 5 ekor T-Rex bisa dihidupkan, apakah makanannya cukup 25 ekor sapi tiap hari..? Ataukah akan dipaksa menjadi vegetarian...?
    haha.. Saya hanya bercanda...
    Nice bro.. :)

    BalasHapus
  6. @hawkson:kurasa tak cukup tuh haha

    BalasHapus
  7. Sebenarnya masuk akal, tapi kurang pas jika itu direalisasikan.. Pasalnya, era serta kondisi saat ini sudah tidak memungkinkan lagi untuk kelangsungan hidup para dinosaurus tersebut..

    Sebenarnya, para ilmuwan tidak perlu lagi untuk "mengadakan" sesuatu yang sudah tidak ada.. Seharusnya mereka lebih fokus kepada apa yang belum terpecahkan saat ini.. Seperti hewan-hewan air yang begitu misterius.. Ini contohnya.. Ikan Muka Manusia, ini adalah bukti dari segelincir fenomena alam yang belum terungkap dan sudah selayaknya untuk di ungkap.. Setuju?

    Thx | Onix Room - AHONX in ACTION

    BalasHapus
  8. klo saya berharap itu bener2 terjadi!!

    BalasHapus
  9. @ hon_ x: iya bener juga hehe

    @ x-zone: jangan berharap dulu..serahkan kepada yang maha kuasa dengan kehendaknya hehe

    BalasHapus
  10. trnyata ilmuwannya bener ngelakuin itu ya?
    nyoba nge-ressurect dino

    btw to left thinkers
    tukeran link ya
    http://ianfile-memories.blogspot.com/

    link blog ini dah tak pasang
    saya jg udah nge-follow

    BalasHapus
  11. Saya lebih senang apa yang disampaikan dalam Film Jurrasci Park itu sendiri ....

    "Mengapa memang mereka harus punah maupun musnah"

    BalasHapus
  12. mari kita hidupkan era jurasic time yang baru!

    BalasHapus
  13. pake DNA komodo aja.biar lebih bagus dari pada nyari-nyari dna dinosaurus asli agak sulit.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. burung dan ayam adalah keturunan/evolusi langsung dari dinosaurus kenapa tdk mencoba DNA dino dgn sel telur ayam ataupun burung tersebut?? ,percampuran tersebut akan membuat hasil embrio dan kita isi kedalam telur buaya dan mungkin saja itu berhasil,

    BalasHapus
  16. gw punya ayam n klo d prhatikn dr cra lari'y emang mirip c ky dino t-rex..hehe,
    mendingan rekayasa aja ayam jd segede sapi biar makan daging'y puass..hahaha

    BalasHapus
  17. dna dino dalam darah nyamuk yang terbungkus amber???
    pertanyaan saya
    1. sebelum bisa membuat dino, bisa ga membuat nyamuk purba dari dna nyamuk itu sendiri?
    2. jika dna nyamuk purba belum rusak oleh amber yang berumur puluhan juta tahun, apakah dnanya masih ada? mengingat usia dna sendiri hanya bertahan puluhan ribu tahun.
    3. jika memang bisa, baru nyari sisa dna dari darah dino ditubuh nyamuk, mumet ga tuh????
    menurut saya ini hayalan orang hollywood saja, ga lebih. ibarat nonton film perjalanan kebintang, mudah diliat tapi hampir mustahil bahkan menurut teori einstein.

    BalasHapus
  18. Ngapain Berupaya Menghidupkan Dinosaurus,? Klo Mw adakan aja Pencarian Pterosaurus Di Papua Nugini Dan Beberapa Tempat Di Afrika,..
    Gosip2nya Sih Pterosaurus Msih Hidup Disana, Malah Katanya Udh Banyak Korban akibat Serangannya

    BalasHapus
  19. Menurutku sih lebih baik sediakan 1 pulau cukup luas untuk pemukiman para hewan purba tsb, dan kalo itu memungkinkan lebih perfect lagi kalo bisa hidupin lagi tumbuhan purba, jadi dalam 1 pulau itu isinya lengkap dengan hewan dan tumbuhan purba tapi agak susah juga agar para hewan dan tumbuhan purba tsb bisa menyesuaikan diri dengan keadaan cuaca dan iklim modern sekarang ini, mungkin kalo di lepas di pulau terpencil tanpa ada pengawasan, "mungkin" lama masa hidupnya tidak selama aslinya.

    BalasHapus
  20. Emang DNA Dino Itu Gimana?

    BalasHapus
  21. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini RISWANTO AKIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan Kyai. Dimas Kanjeng yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada Kyai. Dimas Kanjeng dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 082312910909 Untuk yg di luar indon telefon di +6282312910909,Atau Kunjugi Website/Situs Padepokan Dimas Kanjeng KLIK DISINI
    saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Kyai. Dimas Kanjeng saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI,
    KEAMPUHAN ZIKIR Kyai. Dimas Kanjeng
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris
    5.Perintah Tuyul
    Dan Masih Banyak Lagi, Kyai. Dimas Kanjeng Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.
    SYARAT SEBAGAI BERIKUT:
    BERJANJI AKAN MEMBANTU SESAMA YANG MEMBUTUHKAN
    BERJANJI TIDAK AKAN SOMBONG DAN SELALU RENDAH HATI
    BERJANJI AKAN MEMULAI HIDUP YANG BARU BERJALAN KE JALAN YANG BENAR,
    BERLUTUT DAN MEYEMBAH KEPADA ALLAH SWT.
    "Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

    "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan." Kata Abu Umamah radhiyallahu 'anhu: "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membari Petunjuk." (HR Abu Dawud 4/353)

    PESUGIHAN TANMPA TUMBAL

    PENARIKAN DANA HIBAH

    PENARIKAN UANG MENGUNAKAN MUSTIKA

    BalasHapus

Gunakan Kata Bijak..Apabila Tidak Siap2 Saya Injak..